"We were created to glorify God and to enjoy Him forever ..."

Thursday, December 21, 2006

Jangan Bermain Dengan Maut!

Wahyu 9:1-12

“ Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.” (Why. 9:4)

Jangan bermain dengan maut! Jangan bermain dengan kejahatan! Adalah nesehat klasik yang sudah sering kita dengar, bahkan sejak kecil. Nasehat klasik tetapi sangat logis dan realistis, karena tanpa diundang saja maut datang menghampiri kita, apalagi kalau bermain dengannya. Firman Tuhan yang kita baca hari ini mengungkapkan bagaimana ”nasib” orang-orang yang berani bermain dengan maut, atau bahkan yang menjadi pengikutnya.

Sangkakala kelima (9:1-13) ini, secara ringkas kelihatannya menggambarkan kekuatan si setan yang menyiksa dan menghancurkan pengikutnya sendiri. Si setan yang digambarkan sebagai malaikat jurang maut tampaknya memiliki kuasa yang sangat hebat yang digambarkan seperti kuasa kalajengking di bumi. Kuasa si setan yang sangat besar ini kemungkin adalah yang membuat orang-orang terpesona dengannya sehingga mau menjadi pengikutnya bahkan bermain dengannya. Tetapi tanpa mereka sadari bahwa kekuatan yang sama itu pula justru dipakai oleh si setan untuk menghancurkan mereka yang mengikuti dia. ”Senjata makan tuan” atau ”pagar makan tanaman”. Mungkin ini peribahasa yang dapat menggambarkan perlakuan si setan kepada para pengikutnya. Yang pada mulanya dianggap kekuatannnya atau pelindungnya, justru menjadi penghancur diri mereka sendiri. Namun satu hal yang menarik di sini bahwa kekuatan besar yang dimiliki oleh si setan itu tidak mampu menghancurkan mereka yang telah dimeteraikan (ditebus) oleh Allah (9:4). Ternyata kehebatan yang dimiliki oleh malaikat jurang maut itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan meterai yang diberikan Allah kepada para pengikut-Nya.

Hari ini mungkin Saudara sedang terpesona dengan dahsyatnya kekuatan si setan dan berkata, wah ... luar biasa, ajaib, menakjubkan ...! Ini solusi hidupku, ini yang kucari selama ini. Tidak perlu susah payah, tidak perlu menunggu seperti menunggu jawaban doa dari Tuhan. Hebat, hebat ...! Tetapi tunggu dulu! Pikirkan lagi sebelum memutuskan untuk mengikutinya. Sesaat mungkin nikamt, hebat, wah dan wah sehingga Saudara terpesona, tetapi firman Tuhan hari ini mengungkapkan fakta yang tidak akan pernah diberitahu oleh si setan itu ketika Saudara mengikutinya, yaitu kekuatan yang sama akan dipakainya untuk menghancurkan Saudara. Masih berani bermain dengan maut???

Bermain dengan maut ibarat mengantarkan nyawa ke jurang maut.

No comments: