"We were created to glorify God and to enjoy Him forever ..."

Monday, April 2, 2007

Undangan Sorgawi

Wahyu 19

“Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah.” (Why. 19:9)

Jika Saudara mengadakan pesta pernikahan, kira-kira siapa yang akan Saudara undang? Jawabannya sudah pasti adalah para kerabat, teman atau paling tidak orang yang Saudara kenal. Saya yakin jarang bahkan tidak mungkin Saudara akan mengundang orang yang tidak Saudara kenal. Demikian juga dalam perjamuan kawin Anak Domba, yaitu simbol pertemuan Allah dengan umat-Nya, setiap orang yang berkenan kepadanya, yang Tuhan ”kenal” akan diundang dalam perjamuan tersebut. Pertanyaan buat kita adalah apakah kita termasuk yang diudang dalam pesta sorgawi tersebut?

Penglihatan dalam pasal 19 ini memperlihatkan kebahagiaan sorga sebagai perjamuan besar, yang kepadanya orang-orang percaya pun diundang. Perkawinan Anak Domba ini sebagai lukisan yang indah dan paling intim tentang persatuan antara Allah dan umat-Nya. Ini adalah persatuan yang sempurna antara Kristus dan umat-Nya. Hal ini juga yang menjadi penghiburan bagi orang percaya dalam penderitaan yang mereka hadapi karena iman mereka, yaitu kelak mereka akan bersekutu dengan Allah. Dalam ay. 9 dikatakan, ”Berbahagialah mereka yang diundang ke dalam perjamuan kawin Anak Domba ...” Perkataan ini mengindikasikan bahwa ada yang tidak akan mendapatkan undangan, yaitu mereka yang mengikuti sang iblis, barangkali mereka yang memakai tanda 666. Mendapatkan undangan sorgawi ini adalah satu kebahagiaan terbesar dan itu hanya diberikan kepada mereka yang setia, yaitu yang berpakaian lenan halus (orang-orang percaya yang tidak tercemar oleh penyesatan iblis). Termasukkah kita di dalamnya?

Termasuk dalam kelompok manakah kita? Dalam kelompok orang-orang yang diundang atau tidak diundang? Jawabannya ada pada Saudara. Jika Saudara setia kepada Tuhan dan tidak terjerumus oleh tawaran iblis yang seolah-olah manjanjikan dan tidak terkecoh dengan kekuatan iblis yang nyaris sempurna – tetapi tidak sempurna – yakinlah bahwa Saudara termasuk dalam kelompok orang-orang yang akan diundang. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, sekali lagi, satu kata untuk Saudara, ”Bertobatlah ...!!!” Jangan tunda; sekaranglah waktunya, selagi ada kesempatan untuk mendapatkan undangan sorgawi itu dan berbahagia bersama dalam persekutuan yang intim dengan Allah.

Dapatkanlah undangan Sorgawi sebelum segala sesuatu berubah menjadi kekekalan yang tidak dapat diubah .

No comments: