PENDAHULUAN
Thursday, July 18, 2013
TINJAUAN TEOLOGIS TERHADAP SENI
PENDAHULUAN
Monday, July 8, 2013
Sekedar direnungkan...... Selamat berpuasa
Monday, June 3, 2013
Wednesday, July 27, 2011
Saturday, April 23, 2011
KETIKA KASIH-NYA TAK TERPAHAMI
”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”
(Yohanes 3:16)
”Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”
(Roma 5:8)
Seorang pengarang lagu bernama F.M. Lehman mencoba melukiskan kasih Allah dalam lagu yang berjudul ”Kasih Allah”. Sepenggal dari syair lagu tersebut berbunyi: ”walau lautan dijadikan tinta, lagit dijadikan kertas, tiap pohon jadi pena dan tiap orang penulisnya, tak mungkin akan menuliskan kasih Allah yang besar.” Kasih Allah memang tidak bisa diselami. Tidak ada penyelam yang sangat hebat yang dapat menyelami kasih Allah. (Apa lagi kalau penyelamnya saya, wong berenang saja hanya bisa gaya dada – begitu nyemplung, langsung dadaaa.....). Tidak ada kata dan bahasa di dunia yang mampu mendefinisikan kasih Allah dengan sempurna. Mulai dari bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sampai bahasa Mandarin tidak ada yang mampu menguraikan kasih Allah dengan sempurna. (Apa lagi bahasa Nias yang pulaunya saja tidak kelihatan di dalam peta). Kasih Allah tidak akan habis untuk diceritakan dengan metode cerita apa pun. Baik melalui cerita drama, apalagi cerita sinetron pasti sampai ribuan episode dan mungkin tidak akan ada ending-nya. Kasih Allah juga tidak dapat dirumuskan dengan rumus apa pun. Mulai dari rumus matemetika, rumus fisika, rumus kimia, sampai rumus cinta yang suka dibuat-buat oleh anak-anak muda zaman sekarang. Kasih Allah tidak dapat mengalami krisis seperti krisis keuangan, ekonomi, politik, kepemimpinan, dsb. Kasih Alah juga harganya tidak bisa naik turun seperti harga sembako dan BBM. Intinya kasih Allah memang tidak dapat dipahami.
Apa lagi kalau dibandingkan dengan kasih manusia akan semakin membuat kita tidak dapat memahami atau menyelami kasih Allah. Kualitas kasih Allah dengan kasih manusia sungguh jauh berbeda. Perbedaannya bagaikan langit dan bumi, sejauh timur dari barat. Kasih manusia telah mengalami kemerosotan, krisis yang sangat parah, dan sangat gampang untuk ditebak. Lihat saja manusia zaman ini yang dengan gampang mengobral cinta, sama seperti baju-baju di mall yang didiskon 50% + 20% + berlaku kupon potongan lagi. Maka kalau di mana-mana harga-harga naik hanya ada satu yang harganya turun, yaitu kasih manusia. Hari ini orang dengan gampang bilang I love you tetapi dengan gampang juga I lempar you. Kasih manusia pada umumnya berorientasi pada dirinya sendiri, kasih yang menguntungkan dirinya sendiri. Atau kalaupun tidak untung yang penting tidak merugikan dirinya sendiri.
Manusia mengasihi karena ingin dipuji, supaya dikasihi kembali atau asal kita meruntung/tidak rugi, namun Allah mengasihi bukan karena kita baik, bukan supaya kita membalasnya lebih atau bukan asal kita mengasihi Dia.
Itulah perbedaan kasih Allah dengan kasih manusia dan perbedaan inilah yang membuat kita semakin tidak dapat memahami kasih Allah.
Dalam Yoh. 3:16 dan Rom. 5:8, minimal ada dua yang bisa kita pelajari tentang kasih Allah, yaitu bahwa kasih Allah itu:
1. Mengorbankan Diri
Kalau Alkitab hanya mengatakan bahwa Allah begitu mengasihi dunia, itu tidak terlalu istimewa dan menghebohkan sejarah dunia. Tetapi karena Alkitab melanjutkan bahwa karena kasih-Nya itu Ia mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, itu mengubah sejarah kehidupan manusia sehingga dibicarakan di sepanjang zaman. Kalau kasih manusia menguntungkan diri, sebaliknya kasih Alah mengorbankan diri. Pengorbanan diri Allah diwujudkan dengan kelahiran Yesus di Betlehem sekitar 2000 tahun yang lalu. Ia tidak hanya menjadi manusia, tetapi menjadi manusia yang hina. Ia tidak hanya lahir di dunia, tetapi Ia lahir dengan cara yang tidak layak di kota yang tidak layak, di sebuah kandang yang tidak layak dan palungan yang tidak layak. Bahkan orang-orang yang membesuknya pertama sekali adalah para gembala yang tidak layak. Puncaknya, Ia pun mati dengan cara yang tidak layak. Dia mengalami hukuman yang tidak layak Ia terima dari orang-orang yang memang tidak layak. Namun, kelahiran dan kematiannya yang tidak layak itu membuat manusia menjadi layak. Kalaupun ada orang yang pernah lahir atau mati dengan cara yang tidak layak, itu bukan karena pilihannya tetapi karena keadaan. Tetapi Allah dengan sengaja memilih cara kelahiran dan kematian seperti ini untuk menunjukkan betapa serius kasih-Nya kepada kita yang seringkali tidak serius mengasihi-Nya. Itulah keajaiban kasih Allah yang tidak dapat kita pahami.
2. Aktif
Allah tidak hanya berhenti pada perasaan kasih kepada manusia, tetapi diteruskan dengan tindakan aktif dan positif, bukan seperti kasih manusia yang apatis dan manipulatif. Kasih manusia acapkali hanya sebatas perasaan, tidak berbuah pada tindakan aktif. Manusia cenderung hanya ingin menerima kasih tetapi tidak mau membagikan kasih. Kita dengan mudah jatuh belas kasihan kepada orang lain, tetapi sulit melakukan tindakan kasih. Suatu sore di tengah hujan yang deras, saya pulang dari gereja ke rumah dengan mengendarai sepeda motor. Waktu berhenti di sebuah lampu merah, saya melihat seorang pemuda yang sedang menuntun sepeda motornya karena mogok di tengah hujan yang sangat deras tanpa memakai jas hujan. Begitu orang itu melintas dalam pandangan saya, langsung jatuh belas kasihan dalam hati saya. Namun, belas kasihan itu benar-benar hanya jatuh sampai-sampai ”pingsan” sehingga tidak bisa bergerak untuk bertindak dan hanya diakhiri dengan dua kata dalam hati saya, ”kasihan dia”. Itulah kasih manusia.
Namun Allah tidak demikian. Allah tidak menunggu manusia menjadi baik baru kasih-Nya bertindak. Bahkan Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa (Rom. 5:8). Allah tidak menunggu manusia datang kepada-Nya dengan kasih yang sempurna, bahkan ketika manusia belum tahu cara mengasihi, kasih-Nya telah bertindak untuk kita. Sekali lagi inilah keajaiban kasih Allah yang tidak dapat diselami.
Moment Jumat Agung dan Paskah adalah moment kasih. Moment di mana kita memperingati kasih Allah yang mengorbankan diri-Nya dan bertindak aktif untuk kita. Biarlah moment ini juga menjadi moment untuk belajar mengasihi. Mengasihi Allah dan sesama. Mungkin ada suami istri yang merasa hubungannya sudah tidak ada kasih. Mungkin antara orang tua dan anak hubungannya sudah beku karena tidak ada kasih. Atau mungkin kita sudah jarang berbelas kasihan kepada orang lain. Mungkin itu karena kita tidak mau mengorbankan diri dan tidak mau bertindak aktif melakukan kasih. Marilah kita belajar mengorbankan diri untuk orang lain. Marilah kita belajar untuk memulai secara aktif mengasihi orang lain dan jangan menunggu mereka mengasihi kita. Mulailah dari diri kita.
Selamat Jumat Agung dan Paskah, selamat merayakan kasih.Tuesday, February 23, 2010
Berproses Dalam Pelayanan
Di zaman yang serba instan ini banyak orang yang tidak senang dengan proses. Proses itu lama. Sementara orang-orang zaman sekarang sukanya serba cepat. Lebih cepat lebih baik. Memang ada banyak hal yang dengan kecanggihan teknologi bisa dipercepat oleh manusia, tetapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa banyak hal yang harus berjalan dan dilalui melalui sebuah proses. Hidup itu sendiri adalah sebuah proses.
Pelayanan adalah sebuah proses. Ada proses-proses yang harus kita jalani dalam pelayanan. Mengapa perlu ada proses? Atau untuk apa proses itu? Proses itu perlu untuk membentuk karakter kita menjadi lebih dewasa di dalam Kristus sehingga pelayanan kita semakin lebih baik dan berkenan di hadapan Allah.
Perikop yang kita baca hari ini merupakan proses yang dihadapi oleh Paulus dalam pelayanannya. Dari sini kita belajar tiga hal yang bisa dipakai Tuhan supaya kita berproses dalam pelayanan. Tiga hal itu saya singkat menjadi 3K:
1. Komunitas
Tuhan tidak menempatkan kita seorang diri dalam pelayanan, tetapi Dia menempatkan kita dalam sebuah komunitas (jemaat). Tujuannya, karena ada proses-proses yang harus kita jalani di dalam kumunitas untuk membentuk kita. Ini dialami oleh rasul Paulus. Paulus diperhadapkan dengan jemaat yang memiliki berbagai pandangan dan tanggap mengenai pelayanannya. Pelayanannya sering dipuji, dan dihargai. Tetapi konteks perikop ini adalah diantara jemaat ada yang meragukan kerasulannya dan dia dianggap duniawi. Itulah sebabnya Paulus merasa perikop ini perlu ditulis untuk membuktikan keaslian kerasulan kepada orang-orang yang meragukannya. Ini adalah fakta yang tidak bisa dihindari oleh Paulus karena dia berada dalam kumunitas (jemaat).
Kalau kita melayani di gereja yang memiliki jemaat 500 orang, itu artinya kita berhadapan dengan 500 karakter yang berbeda. Di antara 500 itu mungkin ada yang senang memberi pujian ketika kita melayani, tetapi ada juga yang senang memberi kritikan. Kadang-kadang ditraktir, tetapi kadang-kadang juga ditraktor. Ada yang sangat percaya kepada kita, ada juga yang sangat meragukan kita. Ada yang menghargai pelayanan kita, tetapi tidak sedikit yang menganggap remeh. Ada kalanya diapresiasi, tetapi ada kalanya jg diamputasi. Namun, semuanya berguna untuk membentuk kita dalam pelayanan. Sama seperti kata amsal, ”Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” (Ams. 27:17).
2. Kesuksesan
Kita sering mendengar perkataan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dari perkataan ini sebenarnya juga menunjukkan bahwa kesuksesan adalah kegagalan yang tertunda. Dengan demikian Tuhan memproses kita dalam pelayanan tidak selalu melalui kegagalan, tetapi juga lewat kesuksesan atau keberhasilan dalam pelayanan yang kita lakukan. Rasul Paulus dalam perikop ini menceritakan pengalaman rohaninya yang luar biasa yang juga menunjukkan satu keberhasilan dalam pelayanannya. Ia membuktikan bahwa ia bukanlah rasul yang biasa, tetapi rasul berhasil dengan sejumlah pengalaman yang istimewa. Kesuksesan pelayanan yang capai oleh rasul Paulus ini membawa dia sampai kepada pemahaman puncak, yaitu bahwa Allah yang ia layani adalah Allah yang benar dan maha kuasa. Bahkan pada satu kesempatan ketika orang-orang melihat kehebatan Paulus dalam pelayanannya, bersama Barnabas, dia pernah dianggap sebagai dewa dan orang-orang mau mempersembahkan korban kepadanya dan mau menyembah dia. Tetapi Paulus melarang mereka karena ia sadar bahwa dirinya hanyalah hamba dan yang patutu disembah adalah Allah. Keberhasilan yang ia alami justru semakin membuat dia sadar siapa dirinya di hadapan Allah.
Saudara-saudara, ketika kita mengalami kesuksesan dalam pelayanan, kita harus ingat bahwa itu adalah bagian dari proses yang harus kita jalani dari Tuhan. Lewat kesuksesan Tuhan ingin supaya kita menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong dalam pelayanan. Semakin kita sukses dalam pelayanan harusnya semakin kita rendah hati di hadapan Tuhan dan sesama.
Namun fakta yang seringkali kita lihat adalah banyak orang ketika sukses dalam pelayanan berubah fokus, bukan lagi Tuhan tetapi diri sendiri. Seringkali secara tidak sadar yang kita layani adalah diri kita sendiri, bukan lagi Tuhan. Yang kita beritakan dan kita saksikan diri dan kesuksesan kita, bukan lagi Tuhan. Maka tidak heran kalau di dalam gereja banyak orang yang lebih terkenal dari Tuhan Yesus karena yang lebih banyak diberitakan adalah dirinya sendiri, bukan Tuhan Yesus.
3. Kelemahan
Allah sangat senang memakai orang-orang lemah dalam pelayanan. Banyak contoh dalam Alkitab bagaimana Allah memakai orang-orang yang memiliki kelemahan untuk pekerjaan yang besar. Salah satunya adalah rasul Paulus. Kita tidak bisa pungkiri bahwa Paulus memiliki sejumlah kelebihan, namun dia juga memiliki kelemahan dalam dirinya. Kelemahannya itu ia sebut sebagai duri dalam daging. Kita tidak tahu persis maksud dari diri dalam daging tersebut. Ada yang mengatakan itu adalah penyakit epilepsi. Ada juga yang mengatakan penyakit mata. Namun apa pun itu, yang jelas penyakit itu membuat Paulus lemah dan terbatas dalam pelayanannya. Kelemahan Paulus ini telah memproses dia sehingga sampai pada satu kesadaran yang sangat dewasa, ”Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.” (ay. 10).
Semua orang memiliki kelemahan. Sesungguhnya kita memiliki sejumlah kelemahan dan ketidaksempurnaan: fisik, emosi, intelektual dan rohani. Namun biasanya kita menyangkali kelemahan kita, membelanya, mancari dalih untuknya, menyembunyikannya dan membencinya. Sikap seperti ini tidak dapat membuat kita mengalami prosos menuju kepada kedewasaan karakter. Allah ingin kita sama seperti Paulus mengakui kelemahan-kelemahan kita. Berhentilah perpura-pura memiliki semuanya dan jujurlah pada diri kita sendiri. Daripada hidup dalam penyangkalan dan membuat alasan-alasan, ambilah waktu untuk mengenali kelemahan-kelemahan dalam diri kita.
Dengan menyadari kelemahan kita, membuat kita akan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dan tidak lagi mengandalkan diri dalam pelayanan. Kuasa Tuhan dalam pelayanan nyata bukanlah ketika kita menunjukkan sejumlah kehebatan dan kelebihan kita, tetapi justru ketika kita melayani dalam kelemahan yang kita miliki. Kita tidak perlu maluatas kelemahan kita, tetapi justru sama seperti Paulus kita harus bermegah dalam kelemahan kita supaya kuasa Tuhan menjadi sempurna atas pelayanan yang kita lakukan.
Pelayan yang berkenan di hadapan Allah adalah pelayan yang setia menjalani proses dalam pelayanannya.
SIBUK BELUM TENTU BAIK, DIAM TAK SELALU BURUK
Nats: Lukas 10:38-42 “Tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.” (...

-
"Kemudian, Allah berkata, "Marilah sekarang Kita membuat manusia menurut gambar Kita, dalam keserupaan Kita. ... Maka, Allah me...
-
2 Timotius 1 “Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.” (2 Tim. ...
-
Nats: Lukas 10:38-42 “Tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.” (...